Pengaruh Teknologi Internet pada Mahasiswa

Teknologi dan Internet telah memiliki dampak yang mendalam pada pendidikan. Mereka memiliki merampingkan cara siswa belajar dan memberikan akses ke sejumlah besar informasi yang tidak mudah diakses sebelumnya. Kendati manfaat bahwa teknologi dan Internet sekarang memberikan kepada siswa di seluruh dunia, mereka memiliki kelemahan mereka, juga. Hal ini penting untuk memahami bahwa teknologi harus bertindak sebagai pelengkap mode tradisional pembelajaran dan bukan hanya pengganti.
Teknologi dan internet secara eksponensial memperluas akses rata-rata siswa terhadap informasi. Siswa sekarang dapat mengakses di Google atau JSTOR, misalnya, banyak informasi yang sebelumnya diterbitkan dalam hanya satu atau beberapa sumber. Selanjutnya, sebelum teknologi dan internet, terutama siswa harus melakukan penelitian di perpustakaan. Sekarang, bagaimanapun, mahasiswa dapat mengakses informasi terkait dari mana saja ada koneksi internet.

Program Interaktif

Program seperti Powerpoint, proyektor komputer yang terhubung, dan pemancar genggam seperti HITTs semua membuat pembelajaran interaktif dan seketika. Pemancar genggam memungkinkan para guru untuk kuis siswa dan menerima umpan balik instan untuk kemajuan siswa mereka. Powerpoint, juga memungkinkan guru untuk mengungkapkan informasi lebih lanjut kepada siswa jauh lebih cepat daripada mode konvensional ekspresi seperti papan tulis. “Smartboards” yang menghubungkan komputer ke layar proyektor memungkinkan guru untuk memberikan pelajaran yang mencakup materi di Internet untuk siswa tanpa perlu untuk setiap siswa untuk memiliki komputer.

Program online

Teknologi dan Internet telah memungkinkan banyak siswa untuk mengambil kursus atau kursus tambahan secara online. Kursus online umumnya tidak memerlukan siswa untuk hadir di lokasi tertentu pada waktu tertentu. Efektivitas kursus online masih bisa diperdebatkan, namun, tidak ada keraguan bahwa kursus online adalah alternatif bagi banyak siswa. Kursus online melakukan mengubah dinamika tradisional antara guru dan siswa, tetapi teknologi untuk mengirim dan menerima informasi seketika memungkinkan untuk konstan, dialog terbuka antara guru dan siswa.

Efek Negatif

Beberapa berpendapat bahwa teknologi dan internet memiliki efek negatif juga. Sementara teknologi membuat tugas-tugas seperti penelitian jauh lebih layak, informasi yang diperoleh dari media tersebut bisa menjadi tersangka. Adalah jauh lebih mudah untuk mempublikasikan sesuatu di Internet daripada untuk menerbitkan buku. Kredibilitas informasi bahwa siswa temukan di internet, banyak pendidik percaya, adalah curiga dan sering tidak dapat diandalkan. Selanjutnya, karena teknologi dan internet membuat belajar lebih mudah, siswa tidak dapat mengembangkan nilai-nilai penting seperti kerja keras, kemauan untuk belajar, dan kemampuan untuk bergulat dengan masalah karena teknologi dan internet hanya bisa memberikan mereka jawaban.

About chapila

http://chapila.com/
This entry was posted in internet and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a comment